Doa ketika merasakan sakit pada anggota badan

Doa ketika merasakan sakit pada anggota badan

Posted by Admin about 28 days ago in Good News

Doa Ketika Merasakan Sakit Pada Anggota Badan

Bacaan Ketika Merasakan Sakit Pada Anggota Badan

أَعُوْذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ.

 


Letakkan tanganmu pada tubuhmu yang terasa sakit, dan bacalah: “Bis-millaah tiga kali, lalu bacalah tujuh kali:

أَعُوْذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ.

(Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari kejahatan sesuatu yang aku jumpai dan yang aku takuti.) (HR. Muslim: 4/1728)

 

Penjelasan Do’a Mengobati Salah Satu Anggota Tubuh Yang Sakit

Do’a di atas diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada ‘Utsman bin Abu Al-Asy’ash Ats-Tsaqafi, di mana ‘Utsman mengeluh bahwa dirinya menderita penyakit sejak masuk Islam dan tidak kunjung sembuh. Mendengar penjelasan tersebut maka Rasulullah mengajarkan do’a tersebut di atas, dibacakan sembari memegang anggota bagian tubuh yang terkena penyakit tersebut.

Cara ini bisa Anda coba lakukan jika tubuh Anda terasa nyeri-nyeri sederhana semisal pusing, sakit gigi, atau keselo, atau encok dan lain sebagainya. Mengamalkan do’a di atas selain bisa membawa manfaat kesembuhan juga insyaaAllah bisa mendapat manfaat berupa pahala karena mengikuti sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cara ini insyaaAllah boleh dan tidak termasuk perbuatan syirik.

Makna Doa Do’a di atas jika kita melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi maka insyaaAllah bernilai pahala. Do’anya pun memiliki makna yang indah. Pertama, di awal do’a dibacakan bismillah sebanyak tiga kali, ini merupakan awal yang menyatakan bahwa kita meminta kesembuhan hanya dengan mengharap dari Allah dan tidak mengharap kesembuhan dari yang lainnya.

Berikutnya, kita menyatakan sebanyak tujuh kali bahwa dengan menyebut nama-Nya dan berlindung di balik kekuasaan-Nya kita meminta agar terlindung dari berbagai keburukan yang telah didapatkan (penyakit) maupun keburukan yang masih diwaspadai (tidak diharapkan datang). Ini adalah do’a yang mengandung nilai tauhid yang tinggi. MasyaAllah.
 

 

Ilmu yang bermanfaat menjadi bekal ke akhirat

Image Terkait Lainnya

Hidup mulia rajin belajar ilmu dan semangat mengajarkannya sehingga berguna bagi sesama

Random Galeri Yang Menarik Lainnya

Like and Share, Raihlah Pahalamu.

Kembali Ke Halaman Index
Back to Top