Dunia itu bagaikan penjara seorang Mukmin dan laksana surga bagi orang kafir

Dunia itu bagaikan penjara seorang Mukmin dan laksana surga bagi orang kafir

Posted by Admin about 3 months ago in Good News

Dunia Itu Bagaikan Penjara Seorang Mukmin Dan Laksana Surga Bagi Orang Kafir

Dari Shahabat Abu Huroiroh -rodhiyallahu ‘anhu- , Beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ، وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

”Dunia itu (bagaikan) penjara seorang Mukmin, dan (laksana) surga bagi orang kafir.” [ HR. Muslim no. 2956 ], Derajat Hadits: Shohih.

 

PENJELASAN 
Al-Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Shahih Muslim menerangkan, “Orang mukmin terpenjara di dunia karena mesti menahan diri dari berbagai syahwat yang diharamkan dan dimakruhkan. Orang mukmin juga diperintah untuk melakukan ketaatan. Ketika ia mati, barulah ia rehat dari hal itu. Kemudian ia akan memperoleh apa yang telah Allah janjikan dengan kenikmatan dunia yang kekal, mendapati peristirahatan yang jauh dari sifat kurang.

Setelah meninggal, Ia akan beristirahat dari semua itu. Beralih kepada kenikmatan yang telah disediakan Allah Ta’ala untuknya. Berupa kenikmatan yang sifatnya kekal, menyenangkan tanpa ada sisi kekurangannya.

Adapun orang kafir, Di dunia ia hanya mendapatkan kenikmatan yang sedikit dan membuatnya gelisah. Ia dapatkan itu semua dengan susah payah. Setelah mengalami kematian, dirinya akan dibawa menuju adzab yang tak pernah mengenal kata henti, suatu kesengsaraan yang sifatnya kekal abadi." [ Al-Minhaj Syarah Shohih Muslim (18/93) ]

Adapun orang kafir, dunia yang ia peroleh sedikit atau pun banyak, ketika ia meninggal dunia, ia akan mendapatkan azab (siksa) yang kekal abadi.”

Al-Munawi rahimahullah dalam Mirqah Al-Mafatih menjelaskan, “Dikatakan dalam penjara karena orang mukmin terhalang untuk melakukan syahwat yang diharamkan. Sedangkan keadaan orang kafir adalah sebaliknya sehingga seakan-akan ia berada di surga.”

Jadi bersabarlah dari maksiat dengan menahan diri. Karena dunia ini adalah penjara bagi kita di dunia. Di akhirat kita akan peroleh balasannya.

Tulisan di atas akan membicarakan tentang kisah dari Ibnu Hajar mengenai hadits di atas.

Ilmu yang bermanfaat menjadi bekal ke akhirat

Image Terkait Lainnya

Hidup mulia rajin belajar ilmu dan semangat mengajarkannya sehingga berguna bagi sesama

Random Galeri Yang Menarik Lainnya

Like and Share, Raihlah Pahalamu.

Kembali Ke Halaman Index
Back to Top